Describes Some Ingredients 3

Ginger

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan di negara-negara Asia. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan sejenis gulai, dan juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan, atau sebagai pengawet.[2] Produk farmasi berbahan baku kunyit, mampu bersaing dengan berbagai obat paten, misalnya untuk peradangan sendi (arthritis-rheumatoid) atau osteo-arthritis berbahan aktif natrium deklofenak, piroksikam, dan fenil butason dengan harga yang relatif mahal atau suplemen makanan (Vitamin-plus) dalam bentuk kapsul.

Produk bahan jadi dari ekstrak kunyit berupa suplemen makanan dalam bentuk kapsul (Vitamin-plus) pasar dan industrinya sudah berkembang. Suplemen makanan dibuat dari bahan baku ekstrak kunyit dengan bahan tambahan Vitamin B1, B2, B6, B12, Vitamin E, Lesitin, Amprotab, Mg-stearat, Nepagin dan Kolidon 90.

Manfaat Kunyit :

1. Membantu Mengobati Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah salah satu penyakit yang kerap diderita oleh banyak orang, penyakit yang satu ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur atau bahkan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan tertentu yang memiliki sifat korosif sehingga dapat mengikis dinding lambung.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal study Systematic Reviews, menyebutkan bahwa masakan yang mengandung paling tidak satu sendok kunyit sangat berkhasiat untuk membantu masalah pada organ pencernaan terutama usus besar dan lambung.

2. Anti Peradangan Tubuh

Manfaat kunyit lainnya yang bisa Anda dapatkan ialah dapat digunakan sebagai anti peradangan dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian dimana 117 orang yang mengalami masalah pencernaan diberikan 1 gram bubuk kunyit halus yang kemudian diseduh menjadi teh selama 8 minggu.

Setelah 8 minggu, hasil penelitian menyebutkan bahwa peradangan pencernaan yang mereka alami justru membaik jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kunyit.


3. Meredakan Rasa Sakit Akibat Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah suatu keadaan dimana adanya suatu penyakit yang menyebabkan kontraksi usus abnormal, keadaan tersebut tentu saja berpengaruh besar pada kerja usus besar di sistem pencernaan. Manfaat kunyit untuk mengobati kondisi yang satu ini adalah kunyit dapat digunakan untuk mengurangi gerakan-gerakan otot yang abnormal.

4. Mengurangi buang gas pada pencernaan Anda

Ada banyak sekali manfaat kunyit yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengurangi buang gas pada pencernaan Anda. Kentut sendiri memang sangat penting untuk mengetahui apakah pencernaan Anda baik-baik saja atau tidak. Namun, jika jumlah kentut Anda berlebihan, hal ini justru menandakan pencernaan Anda sedang tidak baik.
Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kunyit dengan cara menuangkan satu sendok bubuk kunyit ke dalam satu gelas air hangat yang berukuran sedang. Konsumsi minuman yang satu ini selama 2 minggu untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

5. Membantu Mengatasi Masalah Diare

Masalah diare memang dirasa cukup mengganggu. Bahkan masalah diare yang parah dan tidak ditangani dengan baik hal ini dapat membuat tubuh menjadi kekurangan cairan dan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Oleh sebab itu, cara mudah untuk mengatasinya ialah dengan meminum ramuan herbal dari kunyit secara rutin.

6. Mengurangi rasa mual

Manfaat kunyit lainnya ialah dapat digunakan untuk mengurangi rasa mual. Rasa mual yang dialami bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti stress, infeksi pada pencernaan atau bahkan dehidrasi. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan kunyit sebagai obat alami untuk mengobati rasa mual tersebut. Hal ini karena di dalam kunyit mengandung phytochemical yang berfungsi untuk menghadirkan antioksidan dan mengurangi rasa mual.

Kandungan Gizi Kunyit
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 354
Jumlah Lemak 10 g
Lemak jenuh 3,1 g
Lemak tak jenuh ganda 2,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 1,7 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 38 mg
Kalium 2.525 mg
Jumlah Karbohidrat 65 g
Serat pangan 21 g
Gula 3,2 g
Protein 8 g
Vitamin A 0 IU
Vitamin C 25,9 mg
Kalsium 183 mg
Zat besi 41,4 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 1,8 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 193 mg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi 4

Food Terminologi 3

Others 2