Food Terminologi 4

1. Gratin
Hasil gambar untuk gratin
Gratin adalah lapisan keemasan yang terbentuk dari permukaan makanan disaat makanan tersebut di brown didalam oven atau diletakkan di bawah grill atau broiler biasanya di atas makanan tersebut dilapisi dengan parutan keju, bread crumbs, or egg dan bread crumbs sebelumnya, “ gratin” adalah lapisan yang menempel pada wadah memasak, yang mana digores (grate in French) dan dimakan sebagai makanan kecil yang lezat. Istilah tersebut telah diperluas untuk menunjukkan metode dari memasak ikan, daging, sayuran, pasta dan bahkan dari makanan yang manis-manis.

2. Provencale
Hasil gambar untuk provencal vegetable
Provencale adalah gambaran banyaknya preparation yang terinspirasi oleh (atau timbul dari) tukang masak dari provence, yang mana tediri dari olive oil, tomato, garlic redominate. Yang biasa digunakan di atas potongan daging atau poultry.

3. Meuniere
Hasil gambar untuk Meuniere
Meuniere adalah sebuah metode memasak yang dapat digunakan untuk semua jenis potongan ikan (whole, filleted, or steaks) ikannya selalu menggunakan sedikit terigu (sebab itu nama dari makanan/ meuniere berarti istrinya miller) dan digoreng menggunakan butter ini disusun diatas makanan yang memanjang dan di sprinkle dengan lemon juice, kemudian mentega nousette, butter noisette. Dan finally chop parsley.

4. Clam chowder
Hasil gambar untuk Clam chowder
Clam chowder, new England sebuah clam chowder terbuat dari cream atau susu: juga dikenal sebagai clam chowder BOSTON.

Choux
Hasil gambar untuk Choux
Choux pastry adonan pastry prancis klasik digunakan untuk membuat eclairs, cream puffs dan sejenisnya;adonannya lembab seperti paste, - seperti adaonan yang dibuat dengan menggunakan air yang mendidih dan atau susu, tepung, telur, mentega. pertama-tama dimasak diatas kompor, kemudian di bake didalam oven, produk yang dihasilkan bertekstur keras, dengan tampilan luar yang renyah dan didlamnya berongga juga dikenal sebagai pate a choux.
Salad adalah sebuah makanan mentah atau makanan yang dimasak dingin biasanya di dressed dan di seasoned disajikan sebagai makanan sampingan.

sumber:  webster's new worlddictionary of culinary arts lacousse castronomique

Nasi putih
Hasil gambar untuk nasi putih
Nasi dan ikan disebut sebagai dua makanan yang terus ada dari zaman ke zaman di Indonesia sejak masa Paleolitikum (50.000 hingga 100.000 tahun lalu), seperti dicatatkan dalam buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia.

Pada masa itu, makanan di Asia Tenggara telah terbentuk berdasarkan karakter geografisnya, termasuk padi-padian yang tumbuh subur di barat, sementara umbi-umbian subur di timur.

Saking suburnya, lahan tani di Jawa menjadi sumber beras bagi pulau-pulau lainnya, seperti yang terpantau oleh Thomas Raffles, Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Jawa (1811-1816), yang menuliskan kekaguman akan suburnya tanah Jawa dalam buku The History of Java.

Di sisi lain, faktor kerekatan masyarakat Indonesia dan nasi juga punya catatan tersendiri. Konsumsinya jauh tidak berimbang, setidaknya tercatat pada abad ke-19.

Saat itu, Dr CL van der Burg, ilmuwan yang merintis persoalan kesehatan dan higienitas di Hindia, mendapati konsumsi nasi (karbohidrat) orang Indonesia lebih banyak dibanding orang Eropa di Hindia Belanda, berdasarkan catatan Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia.

Orang Eropa mengonsumsi protein 15,4 persen, lemak 31,3 persen, dan karbohidrat 53,3 persen. Sementara itu, pribumi (orang Indonesia) hanya mengonsumsi protein 9,3 persen, lemak 9,9 persen saja, sedangkan karbohidrat terlampau tinggi hingga 80,8 persen. 

Memang, ada banyak faktor yang membuat konsumsi nasi di Indonesia tinggi. Lahan pertaniannya subur dan melimpah, seperti sudah disebutkan di atas. Ada juga faktor kemiskinan sehingga nasi rentan digunakan untuk mengenyangkan diri.

Lalu faktor lainnya adalah kurang informasi di antara masyarakat soal pilihan karbohidrat. Oleh karena itu, tidak heran jika Presiden Soekarno pada 1960-an kemudian berpandangan untuk melahirkan buku Mustika Rasa.

Buku tersebut menjelaskan bahwa masyarakat punya alternatif makanan selain beras sebagai sumber karbohidrat, bahkan menciptakan makanan-makanan baru yang bahannya berasal dari daerah masing-masing, seperti juga negara lain memanfaatkan kacang kedelai sebagai penganan.
(source 



Salad hawaian
Hasil gambar untuk Salad hawaian
Hawaian chicken salad adalah makanan pembuka atau appetizer, bisa juga disajikan sebagai menu utama atau main course. Sauce yang digunakanuntuk Hawaiian chicken salad adalah mayonnaise sauce. Salad hawaian sangat identik dengan nanas. 


Sambal ulang-ulang
Hasil gambar untuk Sambal ulang-ulang
Sambal ulang-ulang adalah Sajian salat sayuran dari Maluku ini sekilas mirip Urap2 dari Jawa tetapi keduanya mempunyai perbedaan dalam bumbu. Jika bumbu Urap2 dibuat dari parutan kelapa, Bumbu dressing Ulang2 merupakan paduan dari bumbu dan kenari yang dihaluskan. 


Ciri khas masakan dari Kepulauan Maluku Utara yaitu hampir semua masakan memakai kenari. Sayangnya jenis kacang ini susah diperoleh di daerah lain di Indonesia apalagi di luar negeri. Solusinya silahkan ganti dengan sediaan almond kupas. Rasanya juga tak kalah nikmat! Untuk saudara2 setanah air khususnya dari Maluku.



Bisque
Gambar terkait
Sebuah sup bisque, atau bisque, biasanya sup yang terbuat dari kerang. Anda tidak akan menyajikan lobster tidak sempurna atau kepiting sebagai pusat, tetapi Anda dapat menggunakan krustasea seperti untuk membuat yang terbaik bisque resep. Kerang dapat tanah untuk pasta halus dan ditambahkan ke dalam sup, untuk membuatnya lebih tebal. sup bisque dapat menebal dengan nasi atau mereka dapat bubur. Cognac atau anggur sering ditambahkan ke resep bisque untuk mengintensifkan rasa.
Kata bisque juga dapat berlaku untuk sup krim berbasis tanpa makanan laut, yang telah diproses atau bubur di sebuah pabrik makanan atau food processor. Varietas non-seafood bisque termasuk squash, jamur atau bisque tomat. Secara tradisional, bisque disajikan dalam cangkir dua ditangani atau cangkir.
Bisques berasal dari Prancis dan mereka terkait erat dengan chowders. Perbedaan antara bisque dan chowder adalah bahwa bisque adalah sebagian atau sepenuhnya mulus tapi chowder memiliki potongan bahan di dalamnya.


Plecing kangkung
Hasil gambar untuk Plecing kangkung
Kuliner khas Lombok biasanya disajikan bersama ayam Taliwang. Plecing kangkung artinya bahannya menggunakan kangkung sebagai bahan utamanya. Kangkungnya direbus dengan sambal tomat. Sambal tomat merupakan campuran cabe rawit, garam, terasi dan tomat. Ada tambahan sayuran berupa toge, kacang panjang dan kacang tanah goreng.Perlu diketahui kalau kangkungnya di sini beda dengan kangkung dari daerah lainnya. Kangkung di Lombok ini  biasa ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu dan membuat kangkungnya mempunyai batang besar yang renyah, lembut dan tak keras. Selain itu terasi yang dipakai adalah terasi Lengkare dengan rasa gurih dan manis.Kacang tanah goreng yang digunakan untuk menetralisasi rasa pedas dan penyeimbang rasa.

 Menurut cerita dulu ada pasangan suami istri yang tinggal dekat kolam air tawar. Di kolam air tawar ini terdapat tumbuhan hijau  dan berdaun besar. Suatu waktu ada tabib Cina yang datang ke desa itu dan minta ijin untuk tinggal di dekat rumah pasangan suami istri tersebut. Karena baru saja tiba di daerah itu tabib Cina itu makan tumbuhan air yang ada di dalam kolam air  dan memasaknya dengan air. Saat pasangan suami istri bertanya pada tabib apa yang dimakan tabib, tabib itu  bilang agar mereka mencoba memakannya. Dan menurut tabib tersebut sesudah makan tumbuhan tersebut tabib itu akan langsung mengantuk. Suatu hari pasangan suami istri ini bertanya nama tabib tersebut. Dijawab tabib kalau dia bernama  tabib Kang atau tabib Kang Kung.Akhirnya nama tumbuhan air hijau itu diberi nama Kangkung. Nama pasanagn suami istri itu sendiri tak ada yang mengenal namanya sehingga diberi nama Inak kangkung (istri) dan amak kangkung ( suami).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi 3

Others 2