Describes Some Ingredients 2

1. Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu varietas tumbuhan berumbi yang dapat hidup di dataran tinggi. Bawang merah disebut seperti itu karena memiliki warna ungu kemerahan pada kulitnya dan dagingnya. Bawang merah memiliki tekstur yang mirip dengan bawang bombay yaitu berlapis-lapis namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bawang merah berbentuk satuan, tidak seperti bawang putih yang umbinya terkumpul dalam satu kulit. Bawang merah memiliki ciri khas berupa bau yang tajam tetapi tidak setajam bawang putih dan aroma gurih serta sedikit pedas. Bawang merah biasanya dipanen beserta daunnya. Daun bawang merah juga dapat digunakan untuk bahan masakan atau taburan. Bawang merah memiliki tekstur yang lebih berair sehingga lebih mudah dihaluskan untuk bumbu masakan. Bawang merah dapat membentuk kulit baru bila disimpan dalam waktu yang lama dalam keadaan terkupas.

Fungsi :

Bawang merah mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Bawang merah kaya akan vitamin dan zat lain seperti fosfor, seng, serta zat bermanfaat bagi tubuh lainnya. Khasiat bawang merah yang terkenal adalah sebagai penurun tekanan darah. Seperti yang Anda ketahui, bawang merah mentah umumnya disajikan sebagai acar pada masakan berlemak seperti sate, nasi goreng, dan semacamnya. Selain baik untuk kesehatan, bawang merah menjadi kunci utama dalam berbagai masakan nusantara. Hampir seluruh daerah di Indonesia menggunakan bawang merah dalam olahan kulinernya. Bawang merah mampu menonjolkan rasa masakan dan memberikan rasa gurih terutama untuk masakan pedas yang menggunakan cabai seperti bumbu balado, nasi goreng, rujak, dan sebagainya.

Cara Mengolah :

Bawang merah merupakan umbi yang tahan lama penyimpanannya. Anda cukup menyimpan dalam wadah terbuka dalam ruangan kering dan tidak bersuhu ekstrim serta dalam keadaan masih terbungkus kulit. Bawang merah juga bisa disimpan dalam keadaan terkupas dengan cara berikut ini :
  1.  Bawang merah yang sudah dikupas dicuci bersih dan dikeringkan. Bawang merah selanjutnya disimpan dalam wadah tertutup dan disimpan dalam lemari es;
  2. Bawang merah juga bisa disimpan dalam keadaan matang. Setelah dikupas dan dibersihkan bawang merah dicincang halus lalu ditumis dengan sedikit minyak sampai harum dan disimpan dalam toples lalu dimasukkan lemari es. Bawang merah bisa tahan hingga satu minggu;
  3. Bawang merah dapat disimpan dalam bentuk bawang goreng renyah dan dimasukkan dalam toples kedap udara supaya tahan lama hingga satu bulan.
Penggunaan bawang merah untuk masakan bisa dibuat dalam bentuk cincangan atau ditumbuk halus bersama bumbu lain. Bawang merah biasanya ditumis hingga matang baru dicampur dengan bumbu lain dan bahan utama. Bawang merah goreng juga dapat dipakai sebagai taburan masakan untuk menambah cita rasa.


2. Bawang Putih 
 

Bawang Putih Adalah

Bawang putih adalah jenis tanaman berbentuk umbi. Bawang putih merupakan jenis bawang-bawangan yang berwarna putih atau kuning. Bawang putih dilapisi dengan kulit yang keras. Berbeda dengan jenis bawang lainnya, bawang putih tidak berbentuk seperti buku. Bawang putih berbentuk umbi yang utuh. Bawang putih mempunyai karakteristik khas yakni beraroma tajam dan memiliki rasa pedas. Bawang putih cukup mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia dan negara-negara di Asia. Hal ini dikarenakan bawang putih telah menjadi bahan bumbu utama untuk masakan Asia dan mudah tumbuh di negara tropis. Bawang putih mempunyai banyak manfaat, bahkan daunnya juga menjadi bahan utama dalam bumbu masakan.

Fungsi :

Bawang putih memiliki kandungan kolesterol yang rendah dan kalium, vitamin C maupun B6, fosfor serta seng yang tinggi. Bawang putih berkhasiat sebagai antioksidan alami yang membantu regenerasi sel dalam tubuh. Selain itu, bawang putih terbukti menjadi obat untuk batuk dan pilek serta masuk angin, membantu menurunkan gula darah untuk penderita diabetes, membantu menjaga sistem imun tubuh, hingga menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Bawang putih bagus dikonsumsi mentah atau dalam bentuk masakan. Sebagai bumbu utama masakan, bawang putih berperan untuk memberi rasa gurih dan sedikit pedas pada masakan. Bawang putih juga berfungsi sebagai penambah aroma dalam masakan. Bawang putih merupakan penguat rasa alami yang bebas dari bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, sebagian besar masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbu utama. Contoh masakan berbumbu bawang putih adalah nasi goreng, roti bawang, stik bawang, dan sebagainya. Bawang putih memang cukup fleksibel dalam penggunaan untuk masakan ataupun kudapan.

Cara Mengolah :

Bawang putih sebaiknya disimpan dalam suhu ruang dan kering. Bawang putih cukup tahan lama hingga dua atau tiga minggu dalam keadaan belum terkupas dan kering. Apabila Anda ingin menyimpan bawang putih kupas, berikut caranya :
  1. Kupas bawang putih dan cuci bersih lalu keringkan dengan cara diangin-angin. Simpan dalam toples dan masukkan kulkas. Cara penyimpanan ini tahan hingga sepuluh hari;
  2. Kupas bawang putih, tumbuk dalam keadaan kering, lalu tumis hingga setengah matang. Sisakan sedikit minyak, simpan dalam toples rapat dan masukkan kulkas. Cara penyimpanan ini tahan hingga seminggu;
  3. Kupas bawang putih, iris tipis, goreng hingga kering dan renyah. Simpan dalam toples kedap udara dan letakkan di ruangan yang kering. Bawang putih goreng tahan hingga dua bulan dalam keadaan kering. Cara ini digunakan untuk menyimpan persediaan bawang putih goreng sebagai taburan masakan.
Pengolahan bawang putih untuk masakan bermacam-macam jenisnya. Bawang putih bisa menjadi bumbu halus yaitu ditumbuk atau dihaluskan dengan bahan lain, dicincang halus maupun kasar untuk tumisan, atau diiris tipis untuk bumbu kasar dan hiasan. Bawang putih hendaknya tidak terlalu banyak digunakan dalam masakan untuk menghindari bau angir dan menusuk hidung.  


3. Bawang Bombay
Bawang bombay adalah salah satu jenis bawang. Bedanya bawang bombay memiliki ukurang yang lebih besar dari bawang putih dan bawang merah. Bawang bombay memiliki warna kulit coklat terang, berbentuk bulat dan umumnya memiliki besar seperti kepalan tangan orang dewasa. Bawang bombay memilki lapisan daging yang tebal. Bawang bombay ini kegunaanya sama seperti bawang merah dan bawang putih yaitu sebagai penambah rasa dan aroma. Aroma bawang bombay yang cukup kuat dan rasa dari bawang bombay yaitu manis sehingga sangat cocok untuk membuat masakan. Bawang bombay tidak hanya digunakan untuk campuran masakan saja tapi dapat juga digoreng langsung dengan menggunakan tepung siap saji. Rasanya manis dan ada sensasi kriuk dari bawang bombay goreng tepung atau lebih dikenal dengan onion ring.

Fungsi :

Bawang bombay sebagai sayuran yang kaya akan nutrisi. Dalam bawang bombay mengandung banyak zat yang dapat melawan kanker, mengontrol kadar gula darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah, memperlancar pencernaan, mengurangi hipertensi, menjaga kesehatan otak, dan memperkuat tulang dan jaringan pembuluh. Selain itu, bawang bombay juga berfungsi sebagai antioksidan karena terdapat vitamin C di dalamnya.

Bawang bombay memiliki aroma yang cukup kuat dan rasa yang manis. Bawang bombay memiliki beragam ukuran dari yang kecil hingga yang besar. Namun yang sering Anda temui adalah yang memilki ukuran sedang. Cara mengolah bawang bombay sama saja pada setiap ukurannya. Untuk menjadikan onion ring tidak dianjurkan menggunakan bawang bombay yang memiliki ukuran yang kecil karena akan menyulitkan ketika dipotong.

Cara Mengolah :

Bawang bombay memiliki daya tahan yang cukup cepat sehingga jika tidak disimpan dengan benar, bawang bombay akan cepat membusuk. Padahal jika Anda dapat menyimpannya dengan cara yang benar, bawang bombay dapat bertahan hingga 6-7 bulan. Berikut cara menyimpan bawang bombay yang benar:
  1. Pilihlah bawang bombay yang memiliki tekstur halus, licin, kering, dan semua bagiannya melekat pada bagian kulitnya;
  2. Jangan pilih bawang bombay yang sudah terkelupas ujung tunasnya karena akan cepat busuk;
  3. Jika Anda hanya menggunakan bawang bombay pada satu bagian saja, tutup bagian yang tidak terpakai dengan menggunakan plastic wrap untuk mencegah pembusukan;
  4. Simpan bawang bombay pada tempat yang kering dan sejuk. Anda dapat menyimpan di wadah kedap udara;
  5. Jangan menyimpan bawang bombay pada kulkas karena akan basah dan cepat busuk;
  6. Mengolah bawang bombay dapat dengan mengirisnya atau dicincang untuk membuat tumisan;
  7. Untuk menjadikan onion ring, cukup potong ukuran besar lalu celupkan kepada bumbu yang sudah ada dan goreng hingga kering.
http://www.kerjanya.net/faq/18072-bawang-bombay.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi 4

Food Terminologi 3

Others 2