Describes Some Ingredients 2

1. Wortel
 Image result for wortel adalah
Wortel merupakan sayuran berwarna oranye yang banyak digemari, karena rasanya yang enak dan manfaat wortel yang melimpah. Wortel bisa dimakan mentah, direbus, atau digoreng, dibuat jus, atau campuran puding.

Manfaat wortel didapat dari kandungan beta-karoten di dalamnya, yang berguna sebagai antioksidan. Selain beta-karoten, manfaat wortel juga didapat dari kandungan serat, vitamin K, dan kalium. Wortel mengandung serat makanan yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi.

Manfaat Mengonsumsi Wortel :

Kandungan vitamin A pada wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Maka dari itu, mengonsumsi wortel sangat disarankan khususnya bagi orang yang mengalami rabun senja atau buta malam hari. Memberikan wortel pada anak sejak dini, merupakan langkah yang baik untuk mencegah rabun senja.

Di samping menjaga kesehatan mata, manfaat wortel lainnya bagi kesehatan adalah:
  • Dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, karena wortel kaya akan karoten sehingga efektif dalam perlindungan terhadap beberapa jenis kanker, baik kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker perut.
  • Dapat mengurangi tingkat kolesterol tinggi yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.
  • Dapat menurunkan berat badan karena dapat mengenyangkan, sehingga mengurangi asupan kalori pada makanan berikutnya.
kandungan gizi :

Wortel mengandung berbagai Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia yang dikandung oleh Wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.

sumber :

2. Kentang
 Image result for kentang
Kentang adalah salah satu jenis bahan baku untuk membuat berbagai macam jenis makanan dan juga menjadi bahan pangan utama untuk yang sedang menjalankan diet. Umumnya kentang memiliki bentuk bulat, memiliki kulit berwarna coklat, dan di dalamnya memiliki daging yang berwarna kuning. Bila dipotong, kentang akan mengeluarkan sedikit air. Kentang yang merupakan ke dalam jenis umbi-umbian ini memiliki jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengolah masakan. Jenis kentang yang sering digunakan untuk membuat sop dan somay adalah kentang biasa yang memiliki ukuran bulat. Sedangkan untuk kentang yang direbus atau untuk membuat kentang tumbuk sebaiknya menggunakan kentang jenis granola karena kentang ini lebih empuk dari jenis lainnya. Jika untuk kesehatan kentang merah yang memiliki warna merah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang menyukai kentang sebagai pelengkap, Anda dapat menyajikan dengan kentang kecil yang memiliki ukuran seperti buah cheri.

Fungsi :
Kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kentang memiliki manfaat sebagai memperlancar pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari polip usus serta kanker karena kentang memiliki kandungan serat. Selain itu kentang memiliki kandungan vitamin A, mineral, vitamin B kompleks, antioksidan, dan mengandung senyawa anti kanker. Jadi, sangat baik untuk mengkonsumsi kentang dalam takaran yang dianjurkan karena baik untuk kesehatan.

Kentang yang bagus memiliki rasa yang manis. Biasanya kentang yang manis dapat dilihat dari warna dagingya yang kuning dan memiliki tekstur yang empuk. Kentang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan masakan dari mulai ditumis, direbus, dipanggang, ataupun digoreng. Masakan kentang paling sering ditemui adalah kentang goreng, sop, dan kentang tumbuk karena cara memasaknya yang mudah dan cepat.

Manfaat :
1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang mengandung Vitamin C, Vitamin B kompleks, Serat, mineral dan senyawa Karatenoid (Lutein dan Zeaxanthin) yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta fungsi organ tubuh lainnya. Namun Kentang juga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang apabila konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan obesitas yang dapat memberi tekanan pada jantung kita. Oleh karena itu, mencegah penyakit jantung dengan cara konsumsi kentang ini tidak dianjurkan untuk penderita obesitas dan diabetes.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak sangat tergantung pada kadar glukosa, pasokan oksigen, asam animo, omega-3, vitamin B kompleks dan hormon-hormon tertentu. Hampir semua yang disebut ini terdapat pada kentang. Kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat menjaga kadar glukosa cukup dalam darah sehingga aktivitas kognitif terjaga dan berkinerja dengan baik. Selanjutnya, otak membutuhkan oksigen yang dibawa oleh hemoglobin dalam darah. Kentang mengandung zat besi yang merupakan elemen penting pada hemoglobin ini.

3. Mencegah Penyakit Scurvy

Scurvy merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurang Vitamin C (defisiensi Vitamin C). Gejalanya adalah radang gusi, lemas, bibir retak dan infeksi virus yang sering terjadi. Kentang mengandung Vitamin C yang cukup untuk mengatasi penyakit Scurvy ini.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Vitamin C, Vitamin B Kompleks, Potasium (Kalium), Fosfor, Seng dan Magnesium yang terkandung pada Kentang dapat menjaga dan merawat kesehatan kulit. Selain itu, kentang mentah yang digerus dan dicampur dengan madu dapat dijadikan Masker untuk mencegah jerawat, bercak pada kulit dan menyembuhkan luka bakar serta menglembutkan kulit pada bagian siku tangan.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Agricultural Research service menunjukan bahwa kentang mengandung senyawa Quercetin yang terbukti memiliki sifat anti kanker dan anti tumor.

Sumber :

3. Kubis

Image result for kubis adalah
Kubis adalah salah satu sayuran yang murah dan mudah diperoleh. Bagian kubis yang biasanya dimakan tak lain adalah sekelompok lapisan daun muda yang tersusun saling tumpang tindih berbentuk membulat.
Seperti anggota lain keluarga Cruciferae, sayuran ini juga memiliki berbagai nilai gizi dan sifat penyembuhan. 

Kubis dikenal merupakan sumber sangat baik dari beberapa vitamin, mineral, dan serat makanan penting. Sayuran ini merupakan salah satu sumber terkaya vitamin C, K, E, A, dan asam folat; serta memiliki tingkat signifikan belerang, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium.

Di sisi lain, kubis tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang berbahaya, serta sangat rendah kalori.

70 gram kubis mengandung sekitar 15 kalori; 4,3 g karbohidrat; 2,2 g serat; dan 0,1 g lemak.

Sayuran ini juga mengandung sekitar 21,7 mg vitamin C; 48,2 mcg vitamin K; 0,1 mg vitamin E; 700 IU vitamin A; 56 mcg folat; 24,5 mg kalsium; 19,6 mg magnesium; 0,3 mg besi; dan 161 mg kalium.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi 4

Food Terminologi 3

Others 2